Counter Legal Draft Kompilasi Hukum Islam (CLD-KHI) dari Perspektif
Politik Hukum di Indonesia1
Abstrak
Memanfaatkan perspektif politik
hukum, artikel ini membahas tentang CLD-KHI (Counter Legal Draft Kompilasi
Hukum Islam-) diatur oleh Kelompok Kerja Pengarusutamaan Jender Departemen
Agama RI tahun 2004. CLD berisi usulan revisi peraturan hukum keluarga di
Indonesia yang diformat dari perspektif demokrasi, pluralisme, hak asasi
manusia dan gender dalam konteks masyarakat Indonesia. Konsep ini telah menyebabkan
pro dan kontra di antara anggota masyarakat. Lawan umumnya berasal dari umat
Islam kelompok yang menjunjung tinggi agenda pelaksanaan syariah, sementara
para pendukung datang dari msulims kelompok yang mempromosikan kesetaraan dan
keadilan gender, hak asasi manusia, demokrasi dan pluralisme. Mayoritas
ntellectuals akademik menghargai konsep dengan kesepakatan mereka pada beberapa
titik dalam konsep. Penolakan draft adalah hasil dari penggunaan perspektif
aneh dalam studi hukum Islam seperti demokrasi, gender dan hak asasi manusia
yang dianggap sebagai gangguan dari Barat terhadap hukum Islam, dan produk dari
perspektif tersebut tidak mencerminkan ide-ide berasal dari Al-Qur'an dan
Hadits. Kontroversi juga furit dari fakta bahwa tim mengatur draft keuntungan
dukungan keuangan dari Asia Foundation, dan ini telah membuat perdebatan
tentang rancangan diwarnai oleh isu-isu politik, terutama isu kepentingan
politik Barat untuk menyebarkan ide-ide tentang sekularisme dan liberalisme
kalangan umat Islam Indonesia. Hukum Islam, oleh karena itu, tidak dapat
dianggap sebagai masalah teologi murni, tetapi juga politik. Terlepas dari
kontroversi, tampaknya bahwa CLD-KHI gagal untuk meyakinkan Pemerintah, DPR,
dan tokoh-tokoh mayoritas Muslim konservatif, bahkan, kontroversi telah membuat
hubungan antara liberal dan konservatif Muslim buruk. Pada tingkat konseptual,
CLD-KHI, namun, ternyata berhasil menyatukan hukum Islam dengan ide-ide dan
praktek demokrasi, pluralisme, hak asasi manusia, dan keadilan dan kesetaraan
gender di kedua metodologi dan perumusannya. Situs milik CLD-KHI telah menjadi
objek diskusi serius akademik di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.
Kata
kunci: Counter Legal Draft, Kompilasi, Hukum Islam, Perspektif Politik,
Indonesia
A.
pengenalan
Pilar
pembaharuan hukum keluarga Islam dalam sejarah politik hukum di era
Independent-Indonesia ditandai dengan diterbitkannya Undang-Undang 1/1974
tentang pernikahan di paruh pertama Orde Baru. Tujuh belas kemudian, Kompilasi
Hukum Islam (KHI) dianggap sebagai hukum bahan Pengadilan Agama diatur
berdasarkan Instruksi Presiden No 1/1991. Pada tahun 2003, Departemen Agama
mengusulkan rancangan sementara pada aturan yang diterapkan hukum untuk
Pengadilan Agama (Undang-Undang Hukum Terapan Peradilan Agama (RUU HTPA) ke
Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Draft melengkapi bahan milik KHI dan upgrade
status KHI dari Instruksi Presiden menjadi ketentuan (tindakan) .2
Menanggapi
rancangan HTPA, pada tanggal 4 Oktober 2004 tim kerja yang disebut Kelompok
Kerja Pengarusutamaan Jender Departemen Agama RI (kelompok Kerja
Pengarusutamaan Gender Departemen Agama Republik Indonesia / Pokja PUG Depag)
meluncurkan draft pada hukum Islam dikenal sebagai Counter Legal Draft
Kompilasi Hukum Islam (Draft Counter Legal dari Kompilasi Hukum Islam /
CLD-KHI). Draft ini mengusulkan beberapa konsep tentang pembaruan hukum
keluarga Muslim dalam bentuk rancangan sementara hukum perkawinan, hukum waris
Islam, dan hukum pada properti disumbangkan ke penggunaan agama (wakaf).
Rancangan ini terdiri dari 178 artikel dan mengusulkan 23 poin dari ide-ide
pembaruan hukum Islam. Dibandingkan dengan KHI-Inpres, pembaharuan pada CLD-KHI
berkonsentrasi pada tiga bidang; perkawinan, warisan dan wakaf. The
perbandingan secara detail dari kedua KHI-Inpres dan CLD-KHI dapat dilihat dari
tabel di bawah ini:
1.
UUD pernikahan
No
|
Diskusi
|
KHI- Impres No1 /1991
|
CLD- KHI
|
1
|
Pernikahan
|
Pernikahan adalah bentuk ibadah (Pasal 2)
|
Pernikahan bukan bentuk ibadah ('ibadah), tetapi milik mu'amalat
(kontrak berdasarkan kesepakatan bersama antara dua pihak) (Pasal 2)
|
2
|
Wali
|
Ini adalah pilar (RUKN) pernikahan (Pasal 14)
|
Hal ini tidak pilar pernikahan (Pasal 6)
|
3
|
Administrasi Pernikahan
|
Tidak pilar perkawinan (Pasal 14)
|
Pilar perkawinan (Pasal 6)
|
4
|
Perempuan saksi dalam pernikahan
|
Perempuan tidak diizinkan untuk menjadi saksi (Pasal 25)
|
Perempuan, seperti laki-laki diperbolehkan untuk menjadi saksi
dalam pernikahan (Pasal 11)
|
5
|
Usia minimal
|
Tua untuk pengantin 16 tahun, dan 19 yeras tua untuk pengantin
pria (Pasal 15)
|
Tua untuk kedua pengantin 19 tahun (Pasal 7)
|
6
|
Pernikahan untuk
Virgin (gadis yang
pernah
menikah sebelumnya)
|
Tidak peduli usia, dia harus menikah di bawah kendali walinya
atau orang atas nama walinya (Pasal 14)
|
Gadis dalam 21 tahun dia berusia bisa menikah tanpa izin darinya
wali (Pasal 7)
|
7
|
Mahar
|
Diberikan oleh pengantin pria ke pengantin (Pasal 30)
|
Dapat diberikan oleh pengantin untuk pengantin pria dan
sebaliknya (Pasal 16)
|
8
|
Sikap suami& istri
|
Suami adalah kepala keluarga dan istri adalah kiper rumah tangga
(Pasal 79)
|
Stance, hak dan kewajiban suami dan istri adalah sama (Pasal
49)
|
9
|
Kebutuhan dasar hidup (nafkah)
Kewajiban suami
|
(Pasal 80 angka 4)
|
Kewajiban suami dan istri (Pasal 51)
|
10
|
Perjanjian tentang
periode waktu tertentu pernikahan
Tidak diatur
|
Tidak Diatur,
|
Diatur; pernikahan berakhir bersama-sama dengan akhir periode
tercantum dalam perjanjian (Pasal 22, 28, dan 56 titik [a])
|
11
|
Antar-agama
|
pernikahan
Benar-benar dilarang
(Pasal 44 dan 61)
|
Diizinkan, asalkan bertujuan untuk mencapai tujuan perkawinan
(Pasal 54)
|
12
|
Poligami (ta'addud
al-zawjât)
|
Diizinkan, dengan beberapa kondisi (Pasal 55-59)
|
Tidak diizinkan sama sekali, haram li ghairihi
(Pasal 3)
|
13
|
Iddah (masa transisi)
|
'Iddah hanya diterapkan pada istri (Pasal 153)
|
'Iddah diterapkan untuk kedua suami dan istri (Pasal 88)
|
14
|
Iddah cerai
|
Berdasarkan dukhûl (Pasal 153)
|
Berdasarkan akad, bukan pada dukhûl
(Pasal 88).
|
15
|
Ihdâd (berkabung)
|
Ihdâd hanya diterapkan pada istri (Pasal 170)
|
Selain untuk istri, ihdâd juga diterapkan pada suami (Pasal 112)
|
16
|
Nusyuz (memberontak
Dari melakukan
Kewajiban)
|
usyuz hanya mungkin
dilakukan oleh istri (Pasal 84)
|
Nusyuz dapat dilakukan dengan istri dan suami (Pasal 53 [1])
|
17
|
Khulu` (perceraian oleh inisiatif istri)
|
Khulu` dinyatakan sebagai Thalaq bâ'in Sughra, baik suami dan
istri yang diizinkan untuk mendamaikan dengan kontrak pernikahan baru (Pasal
119)
|
Khulu` adalah sebagai sama Thalaq, suami dan istri yang diizinkan
untuk reconcilliate (raj'iy Thalaq) (Pasal 1 dan 59)
|
2.
Hukum Warisan
No
|
Diskusi
|
KHI- Impres No.1/ 1991
|
CLD- KHI
|
1
|
Agama yang berbeda antara orang mati dan ahli warisnya
|
Hal ini menjadi kendala (mani ') dalam proses pewarisan (Pasal
171 dan 172)
|
Ini bukan halangan (mani ‘) dalam proses pewarisan (Pasal 2)
|
2
|
Anak ilegal
|
Hanya memiliki hubungan dengan-Nya
Ibu (pasal 186)
|
Jika / ayah kandungnya itu diketahui, ia / dia memiliki hak untuk
inherite kekayaan / nya ayahnya (Pasal 16)
|
3
|
Awl dan radd
|
Kedua aul dan radd yang
diadopsi (Artikel 192 dan
193)
|
Dihilangkan
|
4
|
Berbagi untuk anak dan
putri
|
Berbagi untuk anak adalah dua kali dari itu untuk putri
|
Berbagi untuk putra dan putri adalah sama (Pasal 8 [3]).
|
3.
UUD Wakaf (properti disumbangkan untuk penggunaan agama)
No
|
Diskusi
|
KHI- Impres No.1/ 1991
|
CLD- KHI
|
1
|
Hak intelektual
kekayaan sebagai milik
disumbangkan ke penggunaan agama
|
tidak diatur
|
Diatur (Pasal 11)
|
Tampak bahwa peraturan dalam usulan
dari CLD-KHI berbeda dari yang hukum Islam di KHI-Inpres, RUU HTPA, dan
pemahaman tentang hukum Islam tersebar luas di kalangan umat Islam Indonesia.
Sebagai seperangkat aturan Islam hukum, CLD-KHI didasarkan pada sumber utama
Islam, al-Qur'an dan al-Hadits yang didukung oleh penalaran. CLD-KHI, apalagi,
juga didasarkan pada buku klasik yang biasa digunakan sebagai referensi di
pesantren. Beberapa pertanyaan dapat diatasi. Di antara pertanyaan-pertanyaan
adalah:
-
Apa logika hukum Islam CLD-KHI yang menghasilkan proposal pada pembaharuan
hukum keluarga Islam yang berbeda dari hukum sebelumnya?
-
Bagaimana tokoh Muslim memberikan respon terhadap CLD-KHI?
- Di
mana titik tidak masalah CLD-KHI yang produk pro dan kontra masyarakat dan
membuat Menteri Luar agama melarang CLD berbaring di?
Sejalan
dengan pertanyaan utama increment, artikel ini akan ellucidate alasan di balik
gagasan pembaruan hukum keluarga Islam yang diusulkan oleh CLD-KHI dan
tanggapan pro dan kontra yang diucapkan oleh tokoh-tokoh Muslim Indonesia.
Latar belakang sejarah munculnya CLD-KHI, tujuan hukum dan tema utama dari
pembaruan hukum Islam yang diusulkan oleh CLD-KHI dengan logika mereka akan
ellucidated sebelum menjelaskan kedua pembaharuan dan tanggapan nya.
Penjelasan
ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa pendapat yang berbeda tentang pembentukan
hukum Islam tidak hanya tergantung pada penalaran teologis, tetapi juga isu-isu
sosial-politik dan aspek. Aspek non teologis telah diproduksi oleh hukum Islam
yang dilakukan oleh anggota masyarakat di Indonesia dengan Pancasila sebagai
dasar dan dibenarkan oleh politik negara. Sukses dan gagal dari undang-undang
hukum Islam, oleh karena itu, tidak hanya tergantung pada isu-isu teologis
benar atau salah, tetapi juga pada konfigurasi kekuatan politik yang mendukung
atau menolak undang-undang.
B.
Pembentukan CLD-KHI dan Its Harapan Hukum
CLD-KHI
adalah rancangan hukum kontra terhadap hukum Islam dari KHI-Inpres. KHI-Inpres
berisi aturan hukum Islam yang mengatur perkawinan, warisan dan sumbangan
Islam. Meskipun tidak penting, tapi hampir 100 persen dari aturan hukum Islam
di KHI yang disebut oleh hakim di Pengadilan Agama dalam membuat putusan.
Bahan-bahan tersebut juga disebut oleh aparatuses dan pejabat dari Kantor
Urusan Agama (Kantor Urusan Agama) dan banyak anggota masyarakat.3 Daripada
mudah dipahami karena ditulis dalam bahasa Indonesia, KHI-Inpres juga
memberikan kepastian hukum karena tidak mengusulkan perubahan hukum sebagai
fiqh. Berdasarkan alasan ini, Pokja PUG Departemen Agama choosed KHI-Inpres,
tidak RUU HTPA, sebagai bahan baris dalam merumuskan CLD-KHI.
CLD-KHI
diatur oleh tim yang terdiri dari individu-individu dengan berbagai latar
belakang studi Islam. Beberapa dari mereka memiliki hubungan dengan pesantren
dan sisanya ke IAIN / UIN. Mereka dosen dan peneliti dengan latar belakang
institusi yang berbeda. Beberapa dari mereka adalah anggota dari Lembaga
Swadaya Masyarakat, dan lainnya adalah anggota organisasi Islam seperti NU,
Muhammadiyah, dan MUI. Hanya dua orang yang berasal dari Departemen Agama. Hal
ini juga terjadi pada individu yang berkontribusi pada ide-ide menyimpulkan di
CLD-KHI. Mereka datang dari berbagai pusat studi Islam seperti Pesantren, UIN /
IAIN / STAIN, dan Non Islam Swadaya Masyarakat.
Selain
kelompok kerja, perumusan CLD-KHI melibatkan beberapa ulama, ahli, dan aktivis
LSM Islam yang memberikan kontribusi penting untuk ide-ide dan pemikiran
tentang pembaharuan hukum keluarga Islam. Pemilihan pada anggota tim yang
mengatur dan tim yang berkontribusi CLD-KHI dilakukan oleh Pokja PUG
berdasarkan latar belakang pendidikan mereka hukum Islam, keterlibatan mereka
pada isu-isu perempuan, dan kepedulian mereka pada perspektif gender dalam
membaca harta hukum Islam . Berbagai organisasi dan jaringan LSM juga
dipertimbangkan dalam memutuskan individu yang terlibat dalam tim.
Pekerjaan
utama dalam proses perumusan CLD-KHI sedang mengkaji KHI-Inpres, mempelajari
literatur Islam klasik, dan melakukan penelitian lapangan di lima wilayah
(Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Jawa Barat, Aceh, dan Nusa Tenggara Barat),
melakukan pemeriksaan ilmiah, memilih dan menyerap pandangan ulama dan ahli
hukum, mempublikasikan dan menyebarluaskan produk dan pemeriksaan umum.
Kegiatan ini dapatdijelaskan oleh diagram berikut:
Tim
melakukan pekerjaan mereka selama dua tahun, 2003-2004, dan berhasil mengatur
naskah CLD-KHI yang terdiri dari 125 pages.4 CLD-KHI termasuk artikel yang
terdiri dari ide-ide utama dan latar belakang mereka, agenda dan harapan, dan
metode perumusan hukum Islam. Ide-ide utama diletakkan di Pendahuluan. Naskah
akademik ditulis dalam bab dua di bawah tilte "Menuju Kompilasi Hukum
Islam (KHI) Indonesia Yang pluralis Dan Demokratis" (Menuju Kompilasi
Plural dan Hukum Islam Demokrasi Indonesia. Bagian terakhir dari naskah
menjelaskan KHI-Inpres dan yang metodologis Masalah dengan mengacu beberapa
prinsip dari teori hukum Islam sebagai dasar perumusan CLD-KHI.
Bahan
dari CLD-KHI disebutkan dalam bagian terakhir dari buku yang berjudul
Pembaruan
Hukum Islam: Counter Legal Draft Kompilasi Hukum Islam (The Pembaruan hukum
Islam: Counter Legal Draft ke Kompilasi Hukum Islam). Seperti KHI-Inpres,
naskah CLD-KHI juga terdiri dari tiga bab, [1] buku saya tentang hukum Islam
tentang pernikahan (19 bab dan 116 artikel), [2] Buku II tentang hukum waris
Islam (8 bab dan 42 artikel), dan [3] Buku III tentang hukum Islam dari
sumbangan properti (5 bab dan 20 artikel). Setiap rancangan dilengkapi dengan
penjelasan umum dan penjelasan pada semua artikel.
Naskah
ini bertujuan untuk menjadi satu set perumusan hukum Islam yang dapat diambil
sebagai acuan dasar untuk mewujudkan keadilan sosial yang menjunjung tinggi
kemanusiaan, apreciates hak-hak perempuan, menyebar kebijaksanaan dan
kemakmuran, dan menyadari manfaat bagi seluruh umat manusia. "5 Dalam
rangka perspektif ini [baru] perumusan hukum Islam,
"...
Semua warga negara memiliki sikap yang sama dan mereka diperlakukan sama,
kelompok minoritas dan perempuan dilindungi dan hak-hak mereka sama-sama
dijamin. Hukum Islam disusun berdasarkan al-syari'at [tujuan utama syariah]
maqashid, yang menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan sosial dan prinsip-prinsip,
manfaat dan kesejahteraan masyarakat dan kearifan lokal. "6
B.
Respon terhadap Formalisasi Syariah
Setelah
jatuhnya Orde Baru pada tahun 1998, gerakan-gerakan Islam memainkan peran
penting pada politik identitas. Mereka tidak hanya bebas untuk mendirikan
partai politik dan organisasi massa Islam, tetapi juga berbicara agenda mereka
untuk memasukkan tujuh kata dalam Piagam Jakarta ke konstitusi Indonesia (UUD
1945). Mereka mempromosikan tujuh kata "dengan kewajiban untuk
melaksanakan syariah untuk pemeluknya" untuk menggantikan Pasal 29 UUD
1945 dalam rapat umum Partai Permusyawaratan Rakyat (MPR) tahun 1999 dan
pertemuan lipat dari MPR 2000, 2001, 2002 di bawah program amandemen UUD 1945,7
Ide
formalisasi syariah ditegakkan oleh Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP),
Partai Bulan Bulan (PBB) dan didukung oleh Dewan Indonesia untuk Dakwah Islam
(DDII), Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Majelis Mujahidin (MM) , Front Pembela
Islam (FPI), dan Muslim Congress (KUI) .8 suara mereka pada pelaksanaan syariah
menjadi wacana hangat di kalangan anggota DPR dan masyarakat Indonesia.
Meskipun mereka gagal untuk menyimpulkan tujuh kata dalam UUD 1945 dalam
pertemuan lipat dari MPR 2000,9 strugle yang belum selesai dengan berbagai
strategi, termasuk democracy10 menunjukkan bahwa di antara agenda mereka
mendirikan state11 Islam dan pelaksanaan syariah.
Sejak
tahun 1999 sampai 2008, insistance pelaksanaan syariah termasuk dalam bahan
beberapa peraturan sementara. Hal ini dapat dilihat dari Undang-Undang No
19/2008 tentang Surat Berharga Negara Syari'ah dan Undang-Undang Nomor 44/2008
tentang Pornografi, dan beberapa draft sementara seperti draft hukum pidana
yang masih dibahas oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Gerakan pemerintah.12
Indonesia menuntut pelaksanaan syariah juga terjadi di beberapa kabupaten. Hal
ini dilakukan dengan mencoba untuk menumpahkan cahaya peraturan daerah (Perda).
Dari tahun 1999 sampai tahun 2006, 78 peraturan pemerintah setempat dijiwai
oleh syariah yang diterbitkan oleh 52 kabupaten / kota -dari 450 kabupaten /
kota di Indonesia. Dari tahun 2002 sampai 2003 waktu di mana CLD-KHI
diluncurkan adalah periode puncak penerbitan peraturan atau peraturan dengan
nuansa syariah oleh pemerintah daerah syariah. Dari 2003 hingga 2006,
penerbitan peraturan syariah menurun dan pada tahun 2007 ada peraturan
pemerintah lokal dijiwai oleh syariah adalah issued.13
Memperhatikan
dekat dengan fenomena meningkatnya Islamisme setelah jatuhnya Orde Baru
Indonesia, tim CLD-KHI berpendapat bahwa insistance formalisasi syariah tidak
sesuai dengan sistem hukum nasional dan akan mendiskriminasi warga non Muslim.
Menurut tim, jika formalisasi syariah diterima, akan mempertanyakan pilar
pluralisme dan demokrasi. Tim menempatkan worriness ini menjadi alasan utama
untuk konsep syariah yang plural dan demokratis, dan menjunjung tinggi
kemanusiaan dan jenis kelamin equality.14 Konsep mengatur, meskipun berasal
dari sumber doktrin Islam, mengambil peran sebagai bagian dari hukum positif di
bawah kerangka hukum nasional berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dengan segala
peraturan sementara.
Mengapa
tim memilih adalah KHI-Inpress terpilih sebagai obyek kritik? Dua alasan yang
diajukan. Pertama, KHI-Inpres adalah satu-satunya peraturan syariah diterima
oleh negara dan untuk yang hakim pengadilan agama merujuk dalam membuat
putusan. Hal ini juga disebut oleh pejabat dari Kantor Urusan Agama (KUA) dan
banyak anggota masyarakat untuk memecahkan masalah hukum. Kedua, Departemen
Agama telah mengusulkan sikap dan status KHI-Inpres untuk ditingkatkan dari
Instruksi Presiden untuk menjadi RUU HTPA. Bahkan, buku ketiga dari KHI-
Inpres
di properti disumbangkan untuk digunakan agama ditingkatkan menjadi UU Wakaf
pada tahun 2004 (UU No 41 2004). 15
Alasan
lain adalah bahwa perumusan hukum Islam yang termasuk KHI-Inpres kedaluwarsa
dan perlu direvisi didasarkan pada beberapa alasan. Pertama, KHI-Inpres
memiliki kelemahan penting dalam visi dan misinya. Beberapa artikel milik
KHI-Inpres bertentangan dengan prinsip-prinsip dasar Islam. Mereka bertentangan
dengan kesetaraan (al-Musawah), persaudaraan (al-ukhuwwah), dan keadilan
(al-`adâlah). Kedua, dibandingkan dengan peraturan sementara yang lain
baru-baru ini, beberapa artikel yang kedaluwarsa dan mereka juga menentang
meratifikasi konvensi internasional. Ketiga, dari sudut pandang metodologis,
tampaknya KHI-Inpres merupakan hukum Islam klasik. Pembentukan KHI-Inpres tidak
sepenuhnya sesuai dengan framwork masyarakat Muslim Indonesia, dan itu
mencerminkan aturan Timur Tengah dari law.16
C.
Penalaran dari CLD-KHI: Mewujudkan Demokrasi dan Pluralis Hukum Islam dan
Kesetaraan Gender
Mulai
dari pemahaman kondisi sosial-politik setelah jatuhnya Orde Baru, tim CLD-KHI
ditantang untuk menyajikan Syariah yang cocok untuk Indonesia dan membayar
pertimbangan memperhatikan karakter bangsa, budaya, dan upaya untuk menegakkan
demokrasi dan hak asasi manusia , termasuk hak-hak perempuan. Ini bertujuan
untuk melawan agenda formalisasi syariah yang ingin kembali ke Piagam Jakarta,
menetapkan negara Islam, mengabaikan pluralisme budaya dan mengabaikan hak-hak
perempuan.
Mengkritik
KHI-Inpres, tim CLD-KHI switch bingkai teoritis dalam merumuskan hukum Islam
"dari theocentris ke anthropocentris, dari elitis dengan alam populer,
dari deduktif ke induktif, dan dari eisegese ke exegese." 17 Hal ini
didasarkan pada pertimbangan bahwa Budaya Indonesia berbeda dari Timur Tengah,
bukan fakta bahwa banyak wanita dewasa di Indonesia memiliki pekerjaan yang
produktif, bahkan beberapa dari mereka menjadi pemimpin umum seperti Kepala Desa,
Kepala Kantor Polisi dan Presiden.
Berdasarkan
kerangka increment, tim CLD-KHI interpretes ayat Alquran dan al-Hadits dari
perspektif kepentingan publik (mashlahah), kearifan lokal, maqashid
al-syari'ah, dan logika publik. Hal ini dapat dilihat dari prinsip-prinsip
Fikih Islam dimanfaatkan oleh tim dalam merumuskan konsep hukum Islam. Tim
Namun, masih membutuhkan perbendaharaan karya klasik (kitab kuning) dari
berbagai sekolah hukum Islam.
Ini
berarti bahwa semua aturan hukum Islam di CLD-KHI diformulasikan dari sumber
otoritatif Islam, al-Qur'an dan al-Sunnah, dan perbendaharaan karya klasik
(kitab kuning) dengan memeriksa kebutuhan, pengalaman dan tradisi yang hidup di
antara anggota masyarakat Indonesia, dan peradaban Islam secara umum serta
peradaban Barat. Metode penafsiran tim dapat dijelaskan oleh tabel berikut:
Perbedaan
mendasar antara penalaran dari CLD-KHI dan bahwa KHI-Inpres terletak pada
perspektif dan pendekatan mereka serta landasan hukum bagi pembentukan hukum
Islam. Para anggota tim CLD-KHI jelas menyatakan bahwa mereka memanfaatkan
perspektif kesetaraan gender, pluralisme, hak asasi manusia dan emokrasi dalam
merumuskan law.18 keluarga Islam Perspektif ini akan membuat syariah menjadi
hukum publik yang diterima oleh semua anggota masyarakat dan membuat pencocokan
syariah untuk demokrasi. "19
Hasil
penalaran yang cocok dengan peraturan sementara dari Indonesia. Ini memiliki
link ke aturan undang-undang yang menyatakan bahwa aturan kemudian hukum
seharusnya tidak bertentangan dengan yang sebelumnya. Sebelum CLD-KHI dibuat,
MPR telah diamandemen UUD 1945 empat times.20 Bagian penting dari ammendments
adalah bahwa mereka menempatkan demokrasi, kesetaraan dan hak asasi manusia di
posisi strategis. Beberapa tindakan yang mendukung isu-isu tersebut juga
dikeluarkan seperti UU No 7/1984 tentang legalisasi CEDAW (Konvensi Penghapusan
Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan,), UU No. 39/1999 tentang HAM, UU
No 23/2002 tentang Perlindungan Anak, UU No 23/2004 tentang Kekerasan Dalam
Rumah Tangga Menghilangkan, UU No 12/2005 tentang Legislasi dari ICCR (Kovenan
Internasional tentang Hak Sipil dan Politik,), UU No 11/2005 tentang
undang-undang ICESCR (Kovenan Internasional tentang Hak Ekonomi, sosial, dan
Budaya). Dalam rangka ketentuan ini, CLD-KHI diformulasikan dalam bentuk
artikel.
Pertimbangan
hukum ini diterapkan di bawah visi hukum Islam idealis diadopsi oleh CLD KHI.
Visi ini terdiri dari enam poin, yang "pluralisme (ta'addudiyyah),
kebangsaan (muwâthanah), menjunjung tinggi hak asasi manusia (iqâmat al-huquq
al-insâniyyah), demokrasi (dîmûqrathiyyah), manfaat publik (mashlahat), dan
kesetaraan gender ( al-Musawah al-jinsiyyah). "21 Mereka enam prinsip
mengilhami semua aturan hukum Islam milik CLD-KHI.
Sejalan
dengan visi, perspektif dan pendekatan, CLD-KHI mengusulkan prinsip-prinsip
Islam yang berbeda dari KHI-Inpres, dan CLD-KHI membuat paradigma pernikahan,
hubungan antara suami dan istri serta antara anak dan orang tua, administrasi
pernikahan, perceraian , dan rekonsiliasi menjadi sama dan demokratis. Dalam
konteks politik hukum, CLD-KHI menempatkan hukum Islam di bawah kerangka hukum
nasional dan perubahan relasi gender antara anggota masyarakat Indonesia
setelah Orde Baru. Perubahan relasi gender, baik di tingkat nasional maupun global,
memerlukan aturan hukum Islam yang sesuai dengan perubahan.
D.
Kontroversi CLD-KHI: Tanggapan Umum
Kontroversi
dalam bentuk pro, con dan pro dengan revisi selalu menimbulkan antara anggota
masyarakat ketika memahami doktrin Islam yang berbeda dari didirikan satu
dipromosikan. Hal ini dapat dilihat dari beberapa kasus seperti ide
"Rasional Islam (Islam Rasional)" yang diusulkan oleh Harun
Nasution22 dan gagasan "sekularisasi Islam" (Sekularisasi Islam) oleh
Nurcholish Madjid (Cak Nur) di tahun 1970-an, gagasan "Menghidupkan Islam
atas orang-orang pribumi "(pribumisasi Islam)" oleh Abdurrahman Wahid
(Gus Dur) di tahun 1980-an, 23 ide "mengontekstualisasikan Islam
(kontekstualisasi Islam)" oleh Munawir Sjadzali24 dan gagasan penyatuan
"zakat dan pajak" oleh Masdar F. Mas 'udi di tahun 1990-an, 25 dan
gagasan "liberalisasi Islam (liberalisasi Islam)" oleh Ulil Abshar
Abdalla di-2000s.26 ini juga terjadi pada usulan CLD-KHI mengandung bahan pada
pembaharuan hukum keluarga Islam pada tahun 2004.
Kontroversi
ini mulai dari peluncuran pertama CLD-KHI pada tanggal 4 Oktober 2004 di
Jakarta. HM Taher Azhari (UI Jakarta) dan Hasanuddin AF (MUI) sebagai orang
resourse menyatakan penolakan theri untuk CLD-KHI pada waktu itu. Mereka
menganggap bahwa CLD-KHI tidak mengacu pada al-Qur'an dan al-Sunnah. Hasanudin
berpendapat bahwa "CLD-KHI disusun berdasarkan sentimen dari tim." 27
sementara Azhari menyatakan bahwa anggota tim "memanfaatkan akal dan
mengabaikan wahyu. CLD-KHI lebih sekuler daripada BW (Burgerlijk Wetboek, Kode
hukum swasta di periode kolonial Belanda) karena mengukur validitas pernikahan
berdasarkan urusan pribadi dan annules sisinya ibadah .. "28 Azhari,
bagaimanapun, tidak menolak semua konsep CLD-KHI. Dia berpendapat bahwa ada
empat aspek yang dapat diterima. Pertama, CLD-KHI mengusulkan hak perempuan
untuk rekonsiliasi. Ini berarti bahwa rekonsiliasi bukan hanya hak suami.
Seccond, berkabung periode setelah pemakaman (ihdâd) tidak hanya diterapkan
pada istri, tetapi juga untuk suami. Ketiga, nusyuz tidak hanya milik istri,
tetapi juga untuk suami. Keempat, anak haram memiliki hak untuk inherite harta
/ ayah kandungnya nya.
KH
Husein Muhammad (Pesantren Dar al-Tauhid Arjawinangun Cirebon) dan Rita Serena
Kolibonso (Mitra Perempuan) lain-dua narasumber mendukung ide-ide yang
diusulkan oleh CLD-KHI pada waktu itu. Menurut Husein, para pendukung pembaruan
Islam, terutama femenists, telah menunggu ide-ide tersebut untuk waktu yang
lama. Dia berpendapat bahwa ide-ide yang tidak yang populer dalam sejarah hukum
Islam dan mereka diadopsi oleh minoritas, tetapi banyak kebenaran datang dari
ideas.29 tidak populer ini
Dari
saat ini, ide-ide bolonging untuk CLD-KHI telah dibahas di media publik baik
yang tertulis maupun elektronik, serta seminar. Ide-ide juga dibahas di kantor.
Ada dua poin kontroversial CLD-KHI: gagasan tentang hukum dan pendekatan yang
digunakan untuk merumuskan ide-ide Islam. Berdasarkan berbagai sumber seperti
berita di media, wawancara dengan tokoh-tokoh Muslim, dan penelitian lapangan,
dapat diketahui bahwa ide telah mengangkat pro dan kontra di antara anggota
masyarakat. Pro dan kontra yang diukur dengan elucidating komentar dan opini
yang objektif tentang ide-ide. Artikel ini mencoba untuk menyajikan organisasi
yang pendukung dan penentang ide datang.
1.
Grup Lawan
Beberapa
hari setelah CLD-KHI diluncurkan, anggota dewan dari Majelis Ulama Indonesia
(CIU / MUI) serius membahas ide-ide. Mereka menganggap ide-ide dalam CLD-KHI
adalah sesat, bid'ah (penyimpangan), taghyîr (mengubah orisinality hukum
Islam), dan memanipulasi Quran verses.30 Beberapa anggota dari CIU menyarankan
CIU sebagai lembaga meminta dan hakim setiap anggota CIU yang terlibat dalam
mengatur CLD-KHI. Fatwa komisi CIU memutuskan untuk melaporkan hal ini kepada
Kepala Dewan CIU.31 Tapi tidak ada informasi yang dapat ditemukan tentang
Keputusan yang dibuat oleh dewan mengenai masalah ini. Ada kemungkinan bahwa
masalah telah digantikan oleh isu panas lainnya yang merupakan isu herecy dari
Jemaat Islam Ahmadiyah yang datang setelah kasus CLD-KHI.
"Ini
adalah hukum jahat, jika kita mengikutinya, kita akan menjadi murtad," Ali
Mustafa Ya'qub, Wakil Ketua Komisi Fatwa dari CIU, argues.32 Umar Shihab, salah
satu anggota dari Kepala Dewan CIU, berpendapat bahwa CLD- KHI tidak hanya
bertentangan dengan syariah, tetapi juga untuk KHI-Inpres yang telah menjadi
konsensus di antara umat Islam Indonesia. Tim merumuskan CLD-KHI tidak hanya
salah menafsirkan, tetapi juga menyimpang ayat-ayat Alquran. "Ini hanya
akal-akalan," ia says.33
Dien
Syamsuddin, Ketua Umum PP Muhammadiyah, cenderung tidak setuju dengan CLD-KHI.
"CLD-KHI memiliki beberapa absurditas," katanya. Materi dalam CLD-KHI
tidak dibahas dengan para pemimpin agama sebelum diluncurkan. CLD-KHI hanya
diusulkan oleh beberapa Muslim dan tidak mencerminkan view.34 mayoritas
"Jika CLD-KHI diimplementasikan, itu adalah bentuk paksaan karena
mayoritas Muslim tidak setuju dengan hal itu, dan itu bertentangan dengan
prinsip pluralisme dan dianggap sebagai minoritas tiran, "ia argues.35
Majelis
Mujahidin Indonesia (MMI), melalui orang berbicara nya Fauzan al-Anshari,
protes ke Menteri Agama tentang CLD-KHI. Dia berpendapat bahwa sebagian besar
ide-ide dalam CLD-KHI bertentangan dengan ajaran Islam dan berpotensi
menyebabkan serius fitnah (fitnah) .36
Huzaemah
Tahido Yanggo (A'wan Syuriyah PBNU) memiliki pendapat yang sama dengan Fauzan.
Huzaimah menganggap CLD-KHI dalam posisi bertentangan dengan maqashid
al-syari'ah atau prinsip keadilan sosial, kepentingan publik, kesejahteraan
sosial dan kebijaksanaan gender. Ini berarti bahwa CLD-KHI telah distroyed
Islam itself.37
"CLD-KHI
bukan produk hukum Islam tetapi produk ideologi sekuler," Nabilah Lubis,
seorang dosen di Fakultas Adab UIN Jakarta berpendapat. Menurut dia, ide-ide
dalam CLD-KHI seperti "sel-sel kanker" yang sangat berbahaya karena
merupakan cara berpikir dan paradigma ideologi dilengkapi dengan tindakan
politik untuk membuat umat Islam jauh dari al-Qur'an dan al-Hadits. ...
"38
"CLD-KHI
harus ditolak," KH Mas Subadar, Pengasuh Pesantren Rawdlatul Ulum Pasuruan
Jawa Timur, negara. Dia telah sangat ditentukan kemauan untuk membatalkan
CLD-KHI dengan melobi ulama yang menjadi anggota DPR. Dalam banyak kasus, dia
tidak setuju dengan ide-ide dalam CLD-KHI. Salah satunya adalah gagasan tentang
setua usia minimum untuk menikah untuk kedua pria dan wanita 19 tahun. Dia
menolak ide dengan mengutip pandangan pendiri empat sekolah hukum Islam pada
kasus ini. Dia berpendapat bahwa seorang wanita tua bayi sehari bisa menikah.
"Tentu saja orang tuanya yang menikahinya off." Tapi dia setuju
dengan tim CLD-KHI mempertimbangkan pernikahan tidak semacam ibadah, tetapi
bentuk hubungan manusia. Dia keyakinan bahwa ide ini accords dengan ide pendiri
empat sekolah dari law.39 Islam
Athian
Ali, Kepala Ulama (FUUI) di Bandung, menolak CLD-KHI berdasarkan alasan bahwa
ide-ide dalam CLD-KHI tidak dirumuskan berdasarkan al-Qur'an dan al-Sunnah,
tetapi nilai-nilai Barat seperti demokrasi, pluralisme , gender dan hak asasi
manusia. Proyek ini juga menerima dukungan keuangan dari agen Western, yaitu
The Asia Foundation. Ide-ide tentang hukum Islam yang dirumuskan oleh tim yang
mencerminkan kepentingan Barat dan CLD bisa disebut "Komunis"
(singkatan dari Kompilasi Hukum Non-Islam / Kompilasi Hukum Islam Non) .40 Hizbut
Tahrir calles CLD-KHI sebagai kompilasi inkar Syari 'di law.41 "CLD
dirumuskan berdasarkan jenis kelamin, demokrasi, pluralisme dan hak asasi
manusia. Memanggil CLD sebagai hukum Islam tidak logika, karena hukum Islam
harus didasarkan pada al-Qur'an dan Sunnah. CLD-KHI tidak kompilasi hukum
Islam, tetapi kompilasi hukum setan ".42" ini adalah bagian dari misi
zionis internasional yang ingin menghancurkan semua agama sebagai agenda
direkomendasikan oleh Kongres yang diadakan di Los Angeles pada tahun 1947 ,
"Mohammad Thalib, Wakil Amir MMI, comments.43
Selain
anggota mayoritas MUI, MMI, HTI, FPI, dan DDII yang keras menolak gagasan dalam
CLD-KHI, beberapa intelektual di universitas, pesantren dan beberapa anggota
tim merumuskan KHI-Inpres mengambil posisi yang sama. Sementara NU,
Muhammadiyah, Persis, Al-Washliyah, al-Irsyad, dan lain-lain tidak menanggapi
ide-ide, tetapi beberapa anggota organisasi tersebut mengatasi komentar mereka
di CLD-KHI apakah pro atau con.44
Para
anggota kelompok yang menolak ide dalam CLD-KHI mengungkapkan penolakan mereka
dengan berbicara kata-kata kasar dan frasa seperti "hukum yang
jahat," "hukum Komunis," dan "hukum setan" .45 A
coment sistematis terhadap penolakan terhadap ide-ide dalam CLD -KHI telah ditulis
oleh Huzaemah Tahido Yanggo. Dia menulis sebuah booke berhak Kontroversi Revisi
Kompilasi Hukum Islam yang terdiri dari 51 + x halaman.
Huzaemah
membahas ide-ide dengan mengutip beberapa alasan berasal dari al-Qur'an,
Hadits, dan melihat ulama. Dia menemukan beberapa kesalahan yang dilakukan oleh
tim dari CLD-KHI. Beberapa ide dalam CLD tidak cocok dengan aturan Islam
berasal dari Al-Qur'an, Hadits dan tradisi hukum Islam yang diadopsi oleh umat
Islam mayoritas di Indonesia. Berikut adalah beberapa catatan yang dibuat oleh
Huzaemah:
.
"Memanfaatkan sudut pandang subjektif, sesuai dengan sifat dan karakter
anggota tim.
·
Memanfaatkan sinical, sentimental, memprotes, ekspresi sombong dan tidak
konsisten.
·
Visi dan misi Its terdiri dari: pluralisme, demokrasi, hak asasi manusia,
kesetaraan gender, emansipasi, humanisme, inklusivitas, mendekonstruksi
syariah, dll CLD dirumuskan oleh tim yang memanfaatkan beberapa pendekatan
seperti jenis kelamin, pluralisme, hak asasi manusia, dan demokrasi, dan tim
tidak mengacu pada metodologi hukum Islam, dan ini jelas dinyatakan oleh tim.
Tim mengacu maqashid al-syari'ah sebagai dasar, tetapi perumusan CLD-KHI
bertentangan dengan maqashid al-syari'ah.
·
CLD mengkritik beberapa sudut pandang: [1] al-Qur'an dan Hadits harus
ditafsirkan sejalan dengan logika dan tradisi serta konteks sosial masyarakat.
Al-Qur'an dan Hadits harus dipahami dari perspektif maqashid nya (tujuannya)
untuk mewujudkan kepentingan publik. Hal ini tidak cukup untuk melihat makna
literal dari teks; [2] karya ulama klasik yang dianggap mengandung prasangka
Arab dan dari tanggal, tidak cocok untuk pengembangan sejarah lagi. Mereka
harus ditinggalkan; [3] Paradigma dan orientasi keagamaan (dari theocentris ke
anthropocentis); [4] yang berisi masalah kemanusiaan dan hubungan antar-agama
seperti pernikahan antar-agama, pernikahan dengan jangka waktu tertentu,
warisan antar-agama, wali bagi anak-anak dari pernikahan antar-agama.
·
Prinsip yang digunakan: "mujtahid (dalam mencari hukum dari al-Qur'an dan
al-Hadits) memperhatikan arti penting dari teks (maqashid al-nash), tidak arti
harfiahnya." "Adalah mungkin untuk membatalkan nash (ajaran Islam)
dengan memanfaatkan logika dan kepentingan publik, dan ammending nash (beberapa
doktrin Islam) dengan logika dan hal-hal umum. "46
Berdasarkan
catatan increment, Huzaemah berpendapat bahwa ada 16 artikel di CLD-KHI yang
bertentangan dengan ayat-ayat Alquran dan Hadits. Diantaranya adalah [1]
Prinsip pernikahan adalah monogami. Pernikahan bertentangan dengan prinsip ini
harus dinyatakan sebagai void (pasal 3 (1-2)). Artikel ini bertentangan dengan
Sura an-Nisa ': 3 yang memungkinkan poligami; [2] Pengantin memiliki hak untuk
membuat kontrak pernikahan untuk jangka waktu tertentu (artikel 22 dan 28).
Artikel ini bertentangan dengan hadits: "perkawinan mut'ah batal sampai
akhir hari [HR. Muslim]; [3] pernikahan antar agama diperbolehkan (Pasal 54).
Artikel ini bertentangan dengan Surat al-Baqarah: 221 dan al-Mumtahanah: 10,47
Kritik
yang disampaikan oleh Huzaemah menjelaskan beberapa alasan teologis yang
diusulkan oleh kelompok lawan. Sayangnya, diskusi yang serius dan dialog antara
Huzaemah dan tim CLD-KHI tidak pernah terjadi. Mereka memberikan ide-ide mereka
di forum publik yang berbeda dan ocassions.48
2.
Pemrakarsa Grup
Di
balik masalah controvesial, selalu ada pendukung dan pembela. Hal ini juga
terjadi pada kasus CLD-KHI. Dalam hal ini, dapat dicatat bahwa hampir semua
Organisasi Swadaya Masyarakat (LSM) yang menegakkan keadilan dan kesetaraan
gender seperti Komisi Nasional Perempuan (Komnas Perempuan), Fahmina-institute,
Institut Agama dan Jender Studi (LKAJ), Rahima, Puan Amal Hayati, Jurnal
Perempuan, Wanita Pusat Studi (PSW), Kalyana Mitra, Kapal Perempuan,
Solidaritas Perempuan, LBH Apik, Fatayat NU-, Rifka An-Nisa ', dll menghargai
dan mendukung pekerjaan Pokja PUG Depag untuk meng-upgrade CLD-KHI untuk
menjadi tindakan atau ketentuan sebagai counter untuk RUU HTPA. Setidaknya,
draft dapat menjelaskan kepada mereka yang memiliki hak untuk membuat ketentuan
mengenai hukum keluarga Islam.
Dukungan
juga telah ditangani oleh beberapa LSM yang concern terhadap penegakan hak
asasi manusia dan pluralisme, seperti International Center for Islam and
Pluralism (ICIP), Konferensi Indonesia untuk Agama dan Perdamaian (ICRP), The
Wahid-lembaga, Jaringan Islam Liberal ( JIL), Lakpesdam NU-, Lembaga Kajian
Islam dan Sosial (LKiS), Desantara, Masyarakat Dialog Antar Agama (MADIA),
beberapa anggota beberapa pesantren, beberapa akademisi, beberapa ahli hukum,
dan sebagainya. Mereka menghargai ide-ide dalam CLD-KHI sebagai ide ideal hukum
Islam.
Kelompok-kelompok
yang disebutkan mempublikasikan CLD-KHI di media publik mereka, memperkuat
alasan dalam seminar dan forum lainnya, memberikan pendapat mendukung mereka
dan komentar di media massa, menolak pelarangan CLD-KHI oleh Menteri Agama, dan
membangun jaringan untuk advokasi kebijakan, baik kepada Pemerintah dan DPR.
Di
antara komentar yang mendukung dari kelompok pendukung CLD-KHI adalah komentar
yang diucapkan oleh Ulil Abshar Abdalla-, seorang aktivis dari JIL. Dia
berpendapat bahwa "Ini sangat radikal tidak hanya untuk Indonesia tetapi
juga untuk semua negara-negara Muslim, jika tidak dunia. Ini akan menjadi
sebuah revolusi yang signifikan dalam hukum Islam, jika DPR dibagikan. "49
Komentar
serupa juga dinyatakan oleh Nurul Arifin, seorang aktris dan aktivis perempuan.
Dia berpendapat bahwa "ini [CLD-KHI] adalah ide revolusioner, upaya untuk
menumbuhkan semangat kesetaraan gender dan pluralisme yang harus dimulai dari
sekarang" .50
Masdar
F Mas'udi, anggota dewan kepala PBNU, juga mendukung CLD-KHI, meskipun ia tidak
setuju dengan gagasan bahwa poligami adalah batal. Dia menghargai tim karena
mereka telah berhasil merumuskan CLD-KHI. Dia memprediksi bahwa CLD-KHI akan
menjadi obyek kritik keras dari mayoritas umat Islam Indonesia, karena
perkawinan dan warisan adalah bagian dari hukum keluarga Islam yang secara
langsung menyentuh urusan publik. 51
Moeslim
Abdurrahman yang merupakan tokoh Muhammadiyah memiliki pendapat yang berbeda
dari Pemimpin Umum Muhammadiyah. Dia memuji CLD-KHI. Ia percaya bahwa Islam
mendorong pemeluknya untuk melakukan ijtihad hukum Islam untuk membuat doktrin
Islam yang cocok untuk perubahan sosial. CLD-KHI merupakan produk ijtihad
kolektif tentang hukum Islam yang dipercepat untuk perubahan sosial di
Indonesia kontemporer. 52
Penghargaan
lainnya adalah bahwa kepala Pokja PUG Depag, Siti Musdah Mulia, dianugerahi
oleh Majalah Tempo sebagai tokoh terkemuka di 2004,53 Kelirumologi Award dari
Lembaga Pusat Studi Kelirumologi (PSK) Indonesia pada 9 Agustus 2005 di
Jakarta, dan Perempuan Internasional Keberanian Award dari Pemerintah AS pada
Senin, 7 Maret 2.007,54 admirations ini menjadi bagian dari appreciaton dari
lembaga-lembaga publik di seccess tim dalam mengatur CLD-KHI dan keberanian,
karena CLD_KHI adalah produk dari kerja tim dan kontributor, tidak pekerjaan
pribadi.
Kelompok
pendukung tidak memiliki catatan penting pada beberapa ide tentang pembaharuan
hukum keluarga Islam yang diusulkan oleh CLD-KHI. Mereka menganggap beberapa
ide tidak cocok untuk umat Islam Indonesia, tetapi kritik mereka tidak
disampaikan dalam ruang publik. Waktu periode perkawinan atau "Kawin
Kontrak" adalah contoh. Beberapa aktivis perempuan seperti Naqiyah
Mukhtar, kepala mantan dari Pusat Studi Gender STAIN Purwokerto, tidak setuju
dengan gagasan itu. Dia percaya bahwa pernikahan untuk jangka waktu tertentu
atau "Kawin Kontrak" akan melemahkan sikap perempuan dalam
pernikahan, karena perempuan yang akan menanggung dampak negatif dari
pernikahan setelah periode datang ke end.55
Pro
con terhadap CLD-KHI surat kabar dan majalah terus menerus berwarna sampai
Menteri Agama, Maftuh Basyuni melarang tim pada Februari 2005. Setelah
melarang, kontroversi CLD-KHI di ruang publik menurun-untuk tidak mengatakan
selesai. Tapi sebagai wacana akademis, ide milik CLD-KHI masih discussed.56
Dampak pelarangan adalah bahwa tim gagal untuk memberikan naskah CLD-KHI ke DPR
sebagai konsep hukum kontra terhadap RUU HTPA.
E.
Kesimpulan
Dengan
beberapa kontroversi di pertengahan gelombang insistance pelaksanaan syariah
setelah jatuhnya Orde Baru, tim CLD-KHI telah mengusulkan satu set formulasi
hukum keluarga Islam tentang perkawinan, warisan dan sumbangan properti untuk
penggunaan agama . Peraturan sementara Terbaru adalah RUU HTPA dan KHI-Inpres.
CLD-KHI
mengusulkan 23 ide-ide tentang pembaharuan hukum keluarga Islam yang berbeda
dari yang sebelumnya. The rim CLD-KHI menyatakan bahwa perumusan ide didasarkan
pada interpretasi al-Qur'an, al-Hadits, dan pendapat ulama dengan
mempertimbangkan kepentingan publik, maqās \ id al-Shari 'ah, logika publik,
dan kearifan lokal. Beberapa perspektif seperti demokrasi, pluralisme, hak
asasi manusia dan keadilan dan kesetaraan gender pada perumusan ketentuan
Indonesian digunakan.
Seperti
kasus pernikahan perbuatan yang timbul kontroversi pada tahun 1973, ide
pembaruan hukum keluarga Islam di CLD-KHI juga lahir pro dan kontra ditangani
oleh tokoh-tokoh Muslim. Beberapa kelompok menolak CLD-KHI. Genrally berbicara,
penolakan berasal dari organisasi Islam yang menjunjung tinggi agenda
formalisasi syariah seperti MMI, FPI, HTI, MUI, DDII, FUI, dan FUUI. Lainnya
menerima dan mendukung CLD-KHI. The berasal dukungan dari LSM yang
mempromosikan ide-ide seperti keadilan dan kesetaraan gender, hak asasi
manusia, demokrasi dan pluralisme seperti ICRP, ICIP, WI, Rahima, Fahmina, Puan
Amal Hayati, LKAJ, dan LBH APIK. Sementara tokoh-tokoh organisasi Islam besar
seperti NU, Muhammadiyah, al-Washliyah, Persis, Al-Irsyad, dan dibagi dalam
posisi pro dan kontra. Beberapa akademisi seperti Taher Azhari, Hasanuddin AF,
dan Huzaemah T Yanggo, meskipun cenderung menolak, mereka masih memberikan
apresiasi kepada CLD-KHI, dan bahkan setuju dengan beberapa ide milik CLD-KHI.
Seperti
penjelasan increment, CLD-KHI diatur untuk menanggapi insistance formalisasi
syariah dengan memberikan perumusan syariah alternatif yang mempertimbangkan
keadilan dan kesetaraan gender, demokrasi, pluralis, tapi mengapa hal itu
ditolak oleh kelompok-kelompok Islam yang mempromosikan ide formalisasi
syariah? Jawabannya adalah bahwa itu adalah karena tim CLD-KHI dimanfaatkan
perspektif aneh dalam merumuskan hukum Islam seperti demokrasi, pluralisme, hak
asasi manusia, dan keadilan gender. Perspektif ini dianggap sebagai Barat
(non-Islam) intervensi terhadap hukum dan ide-ide buah Islam dianggap tidak
murni hukum Islam berasal dari al-Qur'an dan Hadits. Selain itu, sebagai satu
set ide-ide alternatif, CLD-KHI tampaknya "mengejutkan" karena
berbeda dari dan bahkan bertentangan dengan pemahaman umum dari ajaran dan praktik
Islam, terutama tentang pernikahan. Ide dalam CLD-KHI berbeda dari praktek umum
dan dari tekstual makna al-Qur'an dan al-Hadits.
Dukungan
keuangan dari The Asia Foundation adalah alasan lain, yang tidak penting, balik
kontroversi. Hal ini telah membuat kontroversi di CLD-KHI tidak selalu
diperdebatkan akademis tentang hukum Islam, tapi itu dijiwai oleh kepentingan
politik dengan alasan bahwa itu adalah bentuk intrusi Barat (Amerika),
liberalisme dan sekularisme. Pendapat ini telah dipublikasikan oleh beberapa
media seperti majalah Sabili, Hidayatullah, situs swaramuslim. Keterlibatan
analisis wacana politik memperkuat suatu asumsi bahwa hukum positif, hukum
Islam adalah produk konstruksi sosial-politik, tidak murni teologis. Pro dan
kontra tentang perumusan hukum Islam dalam proses legislasi, oleh karena itu,
tidak tergantung pada kebenaran teologis, tetapi pada dominasi politik yang
mampu menjelaskan untuk kekuasaan legislatif dan governement.
Dalam
konteks legislasi, tampaknya CLD-KHI "gagal" untuk meyakinkan
Pemerintah, DPR, dan tokoh-tokoh Muslim mayoritas, bahkan membuat hubungan
antara liberal dan konservatif Muslim buruk karena ide milik CLD-KHI telah
membuat konservatif Muslim marah. Konsekuensi lebih lanjut, tim hampir bisa
melakukan apa-apa untuk mempengaruhi kebijakan di arangement dari RUU HTPA dan
revisi pernikahan tindakan.
Ada
empat possibelities yang menyebabkan kegagalan. Pertama, tim yang mengatur
CLD-KHI tidak memiliki rencana strategis dan sistematis dan pendekatan yang
cocok untuk memberikan pengaruh kepada para pembuat keputusan kebijakan publik
seperti pemerintah, parlemen dan partai politik. Jaringan advokasi yang telah
dibangun tidak bekerja dengan baik. Kedua, kelompok gerakan konservatif Islam
seperti MUI, ormas Islam lain dan akademisi memainkan peran penting dalam
penyebaran ide-ide. Mereka mempromosikan ide-ide meja agresively dengan ide-ide
dari CLD-KHI melalui berbagai media massa. Ketiga, ide-ide yang diusulkan oleh
CLD-KHI adalah masalah yang sangat sensitif yang memprotes nurani agama dan
pemahaman didirikan ajaran Islam seperti poligami adalah haram li ghairihi dan
pernikahan untuk jangka waktu tertentu yang diperbolehkan. Keempat, konflik
kepentingan internal yang terjadi di dalam Departemen Agama. Dua tahun sebelum
CLD-KHI diluncurkan oleh Pokja PUG, Departemen Agama telah diformat BPPHI untuk
mengatur dan merumuskan RUU HTPA kemudian diusulkan ke DPR untuk meningkatkan
status KHI dari Instruksi Presiden menjadi tindakan. Dua set rancangan hukum
keluarga Islam yang ide mayoritas bertentangan satu sama lain dibesarkan dari
lembaga yang sama (Departemen Agama) dan keduanya diluncurkan oleh Menteri sama
Departemen Agama. Tentu saja, ini menjadi objek kritik.
Pada
lapisan konseptual, CLD-KHI, bagaimanapun, telah waktu dalam hukum Islam
pemersatu dan pas dengan demokrasi, pluralisme, hak asasi manusia dan keadilan
dan kesetaraan gender dalam metodologi baik dan perumusan hukum Islam. CLD-KHI
telah menjadi objek studi dan diskusi akademik yang serius di beberapa
universitas. CLD-KHI juga memberikan konsep alternatif dari hukum Islam selain
KHI yang dikeluarkan oleh Governement. Terlepas dari kontroversi tentang
ide-ide milik CLD-KHI, ide-ide yang sangat berguna untuk menjadi referensi
untuk membuat kebijakan publik di peraturan nasional atau lokal pada hukum
Islam. Ini adalah kontribusi penting dari CLD-KHI untuk pengembangan hukum
keluarga Islam di Indonesia kontemporer
BIBLIOGRAPHY
Abdalla, Ulil
Abshar, Menjadi Muslim Liberal, Jakarta: Kerjasama Jaringan Islam Liberal,
Freedom Institute [dan] Nalar, 2005.
----------,
Menyegarkan Kembali Pemikiran Islam: Bunga Rampai Surat-surat Tersiar, Jakarta:
Nalar,
2007.
Abdurrohman,
H., Kompilasi Hukum Islam di Indonesia, Jakarta: Akademika Pressindo, 1992.
Anshari, Endang
Saifuddin, Piagam Jakarta 22 Juni 1945, Sebuah Konsensus Nasional tentang Dasar
Negara Republik Indonesia (1945-1949), Jakarta: Gema Insani Press, 1997.
Asa, Syu’bah,
“Hukum Islam Buat Arsip”, Majalah TEMPO, edisi 31 Oktober 2004.
AsiaViews,http://www.asiaviews.org/?content=25889s1dddt33gf&colcom=2004101320390527.
10.04.
Basalim, Umar,
Pro-Kontra Piagam Jakarta di Era Reformasi, Jakarta: Pustaka Indonesia Satu,
2002.
Bush, Robin,
“Regional Sharia Regulations in Indonesia: Anomaly or Symptom?” dalam Greg
Fealy dan Sally White (eds.), Expressing Islam: Religious Life and Politics in
Indonesia. Singapore: Iseas, 2008.
Ditbinbapera
Depag RI, Kompilasi Hukum Islam di Indonesia, Jakarta: Ditbinbapera, 1991/1992.
Fealy, Greg dan
Sally White (eds.), Expressing Islam: Religious Life and Politics in Indonesia,
Singapore: ISEAS, 2008.
Fealy, Greg and
Virginia Hooker (eds.), Voices of Islam in Southeast Asia: A Contemporary
Sourcebook. Singapore: Iseas, 2006.
----, “Liberal
Islamic Groups have Prompted a Backlash,” Inside Indonesia 87: Jul-Sep 2006,
dalam http://insideindonesia.org/content/view/69/29/
Feener, R
Michael dan Mark E. Cammack (Eds.), Islamic Law in Contemporary Indonesia:
Ideas and Institutions, Amerika: Islamic Legal Studies Program, Harvard Law
School, 2007.
GATRA, http://www.gatra.com/artikel.php?pil=23&id+20700.
Hazairin, Hukum
Kekeluargaan Nasional, Jakarta: Tintamas, 1982.
Hooker, MB,
Indonesian Syari’ah: Defining a National School of Islamic Law, Singapore:
ISEAS, 2008.
Hosen,
Nadirsyah, Shari’a & Constitutional
Reform in Indonesia, Singapore: ISEAS, 2007.
http://www.majelis.mujahidin.or.id/Kolom/Hukum/Koreksi_atas_kompilasi_hukum_Islam/
http://www.america.gov/st/washfileenglish/2007/March/20070308143741ajesrom0.7947809.h
tml.
http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/03/tgl/13/tim
e/084921/idnews/753308/idkanal/10
http://www.fpi.or.id/default.asp).
http://www.hidayatullah.com/modules.php?name=News&file=print&sid=1433
http://www.humasdepag.or.id/berita_isi.php?id=54
http://www.kpu.go.id/
http://www.mpr.go.id/pimpinan1/?p=337, diakses 20 September 2008.
http://www.nu.or.id/page.php
http://www.republika.co.id/ASP/online_detail.asp?id=174746&kat_id=23.
http://www.majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/2004/12/27/LK/mbm.
20041227. LK95355.id.html
Instruksi
Presiden RI No. 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan
Nasional.
Jurnalperempuan,
http://jurnalperempuan.com/yjp.jpo/?act=berita%7CX28.10.04
Lindsey, Tim,
“Indonesian Constitutional Reform: Muddling Towards Democracy”, Singapore Journal
of International & Comparative Law (2002) 6.
Lukito, Ratno,
Pergumulan Antara Hukum Islam dan Adat di Indonesia, Jakarta: INIS, 1988.
Ma’arif, Ahmad
Syafi’i, Islam dan Masalah Kenegaraan: Studi tentang Percaturan dalam
Konstituante,
Jakarta: LP3ES, 1985.
Madjid,
Nurcholish, Islam, Kemoderenan, dan Keindonesiaan, Bandung: Mizan, 1987.
----, Islam,
Kerakyatan, dan Keindonesiaan (Pikiran-pikiran Nurcholish ‘Muda’), Bandung:
Mizan, 1993.
Mahbubah,
Analisis atas Ketentuan Hukum Perkawinan Beda Agama dalam KHI dan CLD-KHI,
Skripsi IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2005.
Mas’udi, Masdar
F, Agama Keadilan, Risalah Zakat (Pajak) dalam Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus,
1991.
Masnun,
“Pemikiran Hukum Keluarga Islam Liberal di Indonesia”, Tesis pada Program
Pascasarja IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, tidak diterbitkan, 2002.
Minhaji, Akh,
Ahmad Hassan and Islamic Legal Reform in Indonesia (1887-1958), Yogyakarta:
Kurnia Kalam Semesta Press, 2001.
Nasution, Adnan
Buyung, The Aspiration for Constitutional Government in Indonesia: A
Sosio-Legal Study of the Indonesian Konstituante 1956-1959, Jakarta: Pustaka
Sinar Harapan, 1992.
Nasution,
Harun, Muhammad Abduh dan Teologi
Rasional Mu’tazilah, Jakarta: UI Press, 1987.
----, Islam
Rasional: Gagasan dan Pemikiran, Bandung: Mizan, 1995.
Ni’ma, Awwali
‘Ainin, Kontroversi Pembaruan Hukum Islam di Indonesia: Studi Analisis tentang
CLD-KHI Perspektif Tim Penggagas, Skripsi STAIN Ponorogo, 2007.
Panitia
Penulisan Buku 70 Tahun Prof. Dr. H. Munawwir Syadzali, MA, Kontekstualisasi
Ajaran Islam, Jakarta: Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), 1995.
Rais, M. Amien,
“Islam dan Negara di Indonesia: Mencari Akhir Pencarian”, Kata Pengantar buku
Umar Basalim, Pro-Kontra Piagam Jakarta di Era Reformasi, Jakarta: Pustaka
Indonesia Satu, 2002.
Ridwan,
Membongkar Fiqh Negara: Wacana Keadilan Gender dalam Hukum Keluarga Islam,
Purwokerto: PSG STAIN Purwokerto, 2004.
Syamsiyatun,
Siti dan Alimatul Qibtiyah (ed.), Amandemen Undang-undang Perkawinan sebagai
Upaya Perlindungan Hak Perempuan dan Anak, Yogyakarta: PSW UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta, 2006.
Shadily, Hasan
(ed.), Ensiklopedi Indonesia, jilid 1, Jakarta: Ikhtiar Baru, 1980.
Siddiqi,
Nourouzzaman, Fiqh Indonesia: Penggagas dan Gagasannya, Yogyakarta: Pustaka
Pelajar, 1997.
Sjadzali,
Munawir, “Reaktualisasi Ajaran Islam”, dalam Iqbal Abdur Rauf Saimia (ed.),
Polemik Reaktualisasi Ajaran Islam, Jakarta: Pustaka Panjimas, 1988.
----, Ijtihad
Kemanusiaan, Jakarta: Paramadina, 1997.
Subhan,
Zaitunah, dkk. (ed.), Membendung Liberalisme, Jakarta: Republika, 2004.
Swara Muslim,
http://swaramuslim.net/printerfriendly.php?id=2454_0_1_0_C
Tim Tempo
(ed.), Apa dan Siapa Orang-orang Indonesia 1981-1982, cet. 1, Jakarta: Grafity
Press, 1981. 1
Tempointeraktif.com,
http://www.tempointeraktif.com/hg/nasional/2004/11/09/ brk,20041109-07,id.html
Thalib, Sayuti,
Pembaharuan Hukum Islam di Indonesia: In Memoriam Prof. Mr. dr. Hazairin,
Jakarta: UI Press, t.t.
Tim
Pengarusutamaan Gender Departemen Agama RI, Pembaruan Hukum Islam: Counter
Legal Draft Kompilasi Hukum Islam, Jakarta: Depag, 2004.
Tobibatussa’adah,
Kontroversi Otoritas Pembaharuan Hukum Islam: Studi tentang Respon Masyarakat
Muslim Indonesia terhadap Counter Legal Draff (CLD) Kompilasi Hukum Islam
(KHI), Lampung: STAIN Metro Lampung, 2008.
Wahid, Abdurrahman,
“Pribumisasi Islam”, dalam Muntaha Azhari dan Abdul Mun’im Saleh (eds.), Islam
Indonesia Menatap Masa Depan, Jakarta: P3M, 1989.
Wahid, Marzuki
dan Rumadi, Fiqh Madzhab Negara: Kritik atas Politik Hukum Islam di Indonesia,
Yogyakarta:
LkiS, 2001.
Widiana, Wahyu,
“Aktualisasi KHI di PA dan Upaya Menjadikannya Sebagai UU.” Makalah disampaikan
pada Diskusi “Memantapkan Posisi KHI dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia yang
Demokratis” pada 27 Juli 2003.
Yanggo,
Huzaemah Tahido, Kontroversi Revisi Kompilasi Hukum Islam, Jakarta: Adelina,
2005.
Yusuf, Slamet
Effendy dan Umar Basalim, Reformasi Konstitusi Indonesia, Perubahan Pertama UUD
1945, Jakarta: Pustaka Indonesia Satu, 2000.
Footnotes:
1This paper was
presented at The 4th Annual Islamic Studies Postgraduate Conference, The
University of Melbourne, 17-18 November 2008
2 “Kompilasi
Hukum Islam akan ditingkatkan Jadi UU” , GATRA, September 19th, 2002. Baca
http://www.gatra.com/artikel.php?pil=23&id+20700. See also “Draft RUU Hukum
Perkawinan Islam akan Diajukan ke Sekneg,” Tuesday, November 9 th, 2004 at
http://www.tempointeraktif.com/hg/nasional/2004/11/09/brk,20041109-07,id.html
3Findings of
research on “Aplikasi KHI pada Pengadil an Agama/Pengadilan Tinggi Agama” (the
implementation of KHI in Higher Court/ Religious Higher Court) by Direktorat
Pembinaan Badan Peradilan Agama Depag RI 2001 show that from 1008 verdicts made
by Religious Court (PA)/ Religious higher Court (PTA) in some districts like
Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, and Bandar Lampung implicitly
show that almost 100% of the verdicts refered to KHI-Inpres, and 71% explicitly
stated KHI-Inpres. Wahyu Widiana, “Aktualisasi KHI di PA dan Upaya
Menjadikannya Sebagai UU,” Paper presented at a dis cussion “Memantapkan Posisi
KHI dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia yang Demokratis,” o n July 27th, 2003.
4The book
written by the Team of Mainstreaming Gender (Tim Pengarusutamaan Gender
Departemen Agama RI) entitled Pembaruan Hukum Islam: Counter Legal Draft
Kompilasi Hukum Islam, published in Jakarta, in 2004, and consists of 119 + vi
pages.
5Ibid., p. 8. 6Ibid.,
p. 4.
7Compare to Tim
Lindsey, “Indonesian Constitutional Reform: Muddling Towards Democracy,”
Singapore Journal of International & Co mparative Law (2002) 6, pp. 246, 250,
269-271. Nadirsyah Hosen, Shari’a & Constitutional Reform in Indonesia,
(Singapore: Iseas, 2007), pp. 188-215. deep explanation on the idea and the
process of the amendment of UUD 1945 in General Meeting of MPR 1999 can be read
in Slamet Effendy Yusuf and Umar Basalim, Reformasi Konstitusi Indonesia,
Perubahan Pertama UUD 1945, (Jakarta: Pustaka Indonesia Satu, 2000).
8See Umar
Basalim, Pro-Kontra Piagam Jakarta di Era Reformasi, (Jakarta: Pustaka
Indonesia Satu, 2002).
9.Umar Basalim,
Pro-Kontra Piagam Jakarta di Era Reformasi, (Jakarta: Pustaka Indonesia Satu,
2002), pp. 259-260.
10Quoting
Pierce’ thesis, a legal expert, Shalahuddin Wahid, explains that the
relationship between religion and state regarding implementation of sharia by
the state can be categorized into five levels. See KOMPAS, April 7, 2002.
11M. Amien
Rais, “Islam dan Negara di Indonesia: Menc ari Akhir Pencarian,” in
acknowledgment of Umar Basalim’s book, Pro-Kontra Piagam Jakarta di Era
Reformasi, (Jakarta: Pustaka Indonesia Satu, 2002), p. xv. See also “FUI Minta
Islam Jadi Agama Resmi di UUD 1945” dalam
http://www.mpr.go.id/pimpinan1/?p=337, accessed on September 20th, 2008.
12Among other
drafts is provisional draft on Applied Law of Religious Court, Provisional
draft on the Revision towards Act No. 1/1974 on Marriage, and the draft of code
of private law.
13Robin Bush,
“Regional Sharia Regulations in Indones ia: Anomaly or Symptom?” in Greg Fealy
dan Sally White (eds.), Expressing Islam: Religious Life and Politics in
Indonesia (Singapore: Iseas, 2008), p. 176.
14Tim Pengarusutamaan Gender
Departemen Agama RI, Pembaruan
Hukum Islam: Counter Legal Draft Kompilasi Hukum Islam,
Jakarta, 2004, p. 3. 15Ibid., p. 2. 16Ibid., pp. 7-8.17Ibid., pp.
22-23.18Ibid., p. 3.19Ibid., pp. 3-4.
20Tim Lindsey,
“Indonesian Constitutional Reform:
Muddling Towards Democracy,”
Singapore Journal of International & Comparative Law (2002) 6.
21Tim
Pengarusutamaan Gender Departemen Agama RI, Pembaruan Hukum Islam, pp. 25-29.
22Harun Nasution,
Muhammad Abduh dan Teologi Rasional Mu’tazilah , (Jakarta: UI Press, 1987);
Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran, (Bandung: Mizan, 1995).
23Muntaha
Azhari and Abdul Mun’im Saleh (eds.), Islam Indonesia Menatap Masa Depan,
(Jakarta: P3M, 1989).
24 Iqbal Abdur
Rauf Saimia (ed.), Polemik Reaktualisasi Ajaran Islam, (Jakarta: Pustaka
Panjimas 1988); Kontekstualisasi Ajaran Islam, (Jakarta: Ikatan Persaudaraan
Haji Indonesia (IPHI), 1995); Ijtihad Kemanusiaan, (Jakarta: Paramadina, 1997).
25Masdar F.
Mas’udi, Agama Keadilan, Risalah Zakat (Pajak) dalam Islam, (Jakarta: Pustaka
Firdaus, 1991).
26 Ulil
Abshar-Abdalla, Menyegarkan Kembali Pemikiran Islam: Bunga Rampai Surat-surat
Tersiar, (Jakarta: Nalar, 2007); Menjadi Muslim Liberal, (Jakarta: Jaringan
Islam Liberal in cooperation with Freedom Institute [and] Nalar, 2005).
27“Govt
Initiates ‘Revolution’ in Islamic Law,” The Jakarta Post.com, October 5th,
2004, in http://thejakartapost.com/misc/PrinterFriendly.asp
28 Gatra, The Magazine, October
16th, 2004, p. 85.
29 Amanah: the
Magazine No 58/XVIII January 2005/Dzulqa'dah- Dzulhijjah 1425 H and it was
published by Swara Muslim at
http://www.swaramuslim.net/more.php?id=387_0_1_10_m, February 17th, 2005.
30“Siti Musdah
Mulia “Stand Up for Her Convictions” in The Jakarta Post, March 23rd, 2007. See
also
http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/03/tgl/13/tim
e/084921/idnews/753308/idkanal/10.
31“Poligami No,
Kawin Kontrak Yes,” TEMPO, October
17th, 2004, p. 117.
32Ibid. See
also ”Pikiran Sesat Anti Islam Kuasai Departem en Agama, The Asia Foundation
Dibalik Draft Kompilasi Hukum ”Inkar Syari’at”, Swara Muslim, October 28th,
2004, http://swaramuslim.net/printerfriendly.php?id=2454_0_1_0_C
33“Menteri
Agama Larang Diskusikan Draft Hukum Islam” , Tuesday, Oktober 19th, 2004.
http://www.tempointeraktif.com/hg/nasional/2004/10/19/brk,20041019-28,id.html
34See “Muslim
Figures Differ on Draft Amendment,” The Jakarta Post.com, October 6th, 2004 in
http://thejakartapost.com/misc/PrinterFriendly.asp
35“MUI:
Pembaruan Hukum Islam Mengandung Absurditas,” October 7th, 2004, in
http://www.humasdepag.or.id/berita_isi.php?id=54
36 “Muslim
Figures Differ on Draft Amendment,” The Jakarta Post.com, October 6th, 2004 in
http://thejakartapost.com/misc/PrinterFriendly.asp. See also “Majelis
Mujahidin: Draft KHI Bertentangan dengan Islam,” Tuesday, Oktober 5th, 2 004,
in http://www.republika.co.id/ASP/online_ detail.asp?id=174746&kat_id=23.
See also Fauzan al-Anshori, ”Koreksi atas Kompila si Hukum Islam,” in
http://majelis.mujahidin.or.id/ Kolom/Hukum/Koreksi_atas_kompilasi_hukum_Islam/
37”Pikiran Liberal
dalam Hukum Perkawinan
Islam Terus dapat
Tentangan,” Saturday, Mey
14th, 2005. See
http://www.nu.or.id/page.php 38Ibid. 39“Poligami No, Kawin Kontrak
Yes,” TEMPO, October 17th, 2004, pp.
118 and 123.
40”Marriage Laws
on the Rocks”,
Asia Views, 40/I/September/2004, see
also the Magazine
TempoNo.06/V/October12-18,2004,in
http://www.asiaviews.org/?content=25889s1dddt33
gf&colcom=2004101320390527.10.04. See
also “Kerancuan Metodologi
Draft Kompilasi Hu kum Islam,” Hidayatullah.com, October
23rd, 2004 in http://www.hidayatullah.com/modules.php?
name=News&file=print&sid=1433
41http://swaramuslim.net/printerfriendly.php?id=2402_0_1_0_C
42See ”Pikiran Sesat Anti Islam
Kuasai Departemen Aga ma,”in http://swaramuslim.net/more.php?id=2454_0_1_33_M,
October 27th, 2004.
43 Interview with
Mohammad Thalib, Vice
Amir of Majelis
Mujahidin Indonesia, Swara Muslim, Oktober 28th, 2004, p. 4, in
http://swaramuslim.net/printerfriendly.php?id=2455_0_1_0_C
44Compare with
R Michael Feener
and Mark E.
Cammack (Eds.), Islamic Law in Contemporary Indonesia: Ideas and
Institutions, (Amerika: Islamic Legal Studies Program, Harvard Law School,
2007), pp. 143-144. See also Zaitunah Subhan, et.al. (eds.), Membendung
Liberalisme, (Jakarta: Republika, 2004).
45They reject
the ideas by publishing news (interview) in the Magazine Sabili, Magazine
Tarbiyah, Newspaper Republika, leaflette al-Muslimun, News Letter Hizbut
Tahrir, website swaramuslim.com, www.hidayatullah.com, Friday sermons, study
circles, seminars, limited and public discussion, talkshow in radios, etc.
46Huzaemah Tahido
Yanggo, Kontroversi Revisi
Kompilasi Hukum Islam,
(Jakarta: Adelina, tanpa tahun),
pp. 7-9. 47Ibid., pp. 19-29.
48At the end of
October 2004, there was a plan to create an academic forum for dialogue between
the team of CLD-KHI and its opponent groups held by the faculty of Syari’ah UIN
Jakarta, but it was fail to be held with no reason.
49 Ulil
Abshar-Abdalla’s comment in “Govt Initiates ‘ Revolution’ in Islamic Law,” The
Jakarta Post, 5 Oktober 2004, also in
http://thejakartapost.com/misc/PrinterFriendly.asp
50“Poligami No,
Kawin Kontrak Yes,” TEMPO, October 17th, 2004, pp. 118 and 122. 51“Muslim
Figures Differ on Draft Amendment,” The Jakarta Post.com, October 6th, 2004 in http://thejakartapost.com/misc/PrinterFriendly.asp
52Ibid.
53Tempo,
December 27th, 2004, in http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/2004/
12/27/LK/mbm.20041227.LK95355.id.html
54 http://www.america.gov/st/washfile-english/2007/March/20070308143741ajesrom0.
7947809.html. See also “Siti Musdah Mulia Stand Up for Her Conv ictions,” The
Jakarta Post, March 23rd, 2007; See also Baca the magazine Tempo, March 19th,
2007, in http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/2007/03/19/ALB/mbm.20070319.ALB123404.id.html
55Interview
with Naqiyah Mukhtar, an ex Head of Center for Gender Study (PSG) STAIN
Purwokerto, on June 5th, 2008 in Jakarta.
56Among works
discussing on CLD-KHI: Ridwan, Membongkar Fiqh Negara: Wacana Keadilan Gender
dalam Hukum Keluarga Islam, (Purwokerto: PSG STAIN Purwokerto, 2004); Huzaimah
Tahido Yanggo, Kontroversi Revisi Kompilasi Hukum Islam, (Jakarta: Adelina,
2005); Mahbubah, Analisis atas Ketentuan Hukum Perkawinan Beda Agama dalam KHI
dan CLD-KHI, Skripsi IAIN Sunan Ampel Surabaya, 2005; Greg Fealy and Virginia
Hooker (eds.), Voices of Islam in Southeast Asia: A Contemporary Sourcebook,
(Singapore: Iseas, 2006); Awwali ‘Ainin Ni’ma, Kontroversi Pembaruan Hukum
Islam di Indonesia: Studi Analisis tentang CLD-KHI Perspektif Tim Penggagas,
Skripsi STAIN Ponorogo, 2007; R Michael Feener dan Mark E. Cammack (Eds.),
Islamic Law in Contemporary Indonesia: Ideas and Institutions, (Amerika:
Islamic Legal Studies Program, Harvard Law School, 2007); M.B. Hooker,
Indonesian Syari’ah: Defining a National School of Islamic Law, (Singapore:
Iseas, 2008); Tobibatussa’adah, Kontroversi Otoritas Pembaharuan Hukum Islam:
Studi tentang Respon Masyarakat Muslim Indonesia terhadap Counter Legal Draff (CLD)
Kompilasi Hukum Islam (KHI), STAIN Metro Lampung, 2008; Greg Fealy dan Sally
White (eds.),
Comments
Post a Comment